#39 What Do You Do To Calm Yourself Down?

Saya …

1. Main 2048
Belakangan saya keranjingan game ini lagi. Ada sedikit waktu luang atau stres dikit saja otomatis game ini yang kebuka di hape. Surprisingly, skor tertinggi (yang ga tinggi-tinggi amat itu) diperoleh kalau lagi pup 😆

2. Menggambar atau Mewarnai
HuffPost pernah menuliskan bahwa mewarnai dapat meredakan stres. Untuk menggambar, saya lakukan di buku gambar yang lalu diwarnai menggunakan cat air. Sedangkan mewarnai (saja) saya lakukan via hape dengan aplikasi Colorfy atau Colorfly.
Selain itu, bisa juga dengan membeli buku mewarnai untuk dewasa. Di toko buku banyak dijual baik dengan sketsa dari orang dalam negeri (saya baru nemu yang tema Bali) maupun luar negeri (versi paling larisnya adalah buatan Johanna Basford atau dari penerbit Marabout). Tapi tidak harus juga. Mau yang bergambar Disney juga boleh (jelas saya tidak akan ambil ini karena takut dengan karakternya. hahaha). Nanti kalau udah ada rejeki buat beli pensil warna, saya pingin beli buku-buku ini deh.
Oiya, kalau mau versi murah dan malas menggambar, bisa juga dengan gugling “coloring for adults” lalu print di (sebaiknya) kertas gambar.

Coloring

3. Membaca buku
Membaca seperti memasuki pikiran orang lain. It never fails me.

4. Dzikir
As I said earlier, I know what I have to do. I just don’t know how to control what I shouldn’t do like thinking about you. Buat saya, berdzikir adalah yang paling ampuh walau ini juga yang paling sering saya kelupaan. Saya sering lupa mengingat bahwa tidak semua hal bisa saya kendalikan dan bahwa ada yang Maha Mengontrol. I just simply has to ask Him to help me.

current mind

One thought on “#39 What Do You Do To Calm Yourself Down?

Leave a Reply